Suarningsih, Ni Putu Lia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI DESA TUKADMUNGGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061004-COVER.pdf Download (255kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061004-ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (122kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061004-LAMPIRAN.pdf Download (882kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmungga. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian pretest – posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmunga. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa dari kelompok B5 dan B6 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang sebagai kelompok eksperimen dengan penerapan model pembelajaran PAKEM, sedangkan kelompok B1 dan B2 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang digunakan sebagai kelompok kontrol. Data hasil keterampilan proses sains dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi. Selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan perhitungan Uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi keterampilan proses sains = 0,00 < taraf signifikansi 5% (0,00 < 0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAKEM terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmungga. Selain itu, berdasarkan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperiman lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontol, yaitu 62,76 > 44,49. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAKEM terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmungga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran PAKEM, keterampilan proses sains, pembelajaran sains di sekolah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Lia Suarningsih |
Date Deposited: | 17 May 2023 06:30 |
Last Modified: | 17 May 2023 06:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14903 |
Actions (login required)
View Item |