PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBANTUAN VIDEO PRAKTIKUM PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII

Ardaniansyah, Dwi (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBANTUAN VIDEO PRAKTIKUM PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813071002-COVER.pdf

Download (540kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813071002-ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813071002-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik modul IPA berbantuan video praktikum, menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan modul IPA berbantuan video praktikum pada pokok bahasan klasifikasi materi dan perubahannya untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dan dibatasi pada tahap develop. Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik produk, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan modul IPA berbantuan video praktikum yang dikumpulkan dengan teknik penyebaran angket kepada subjek penelitian yaitu, dua orang ahli pendidikan IPA, enam guru IPA SMP, dan 10 orang siswa kelas VII SMPN 3 Muncar. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Karakteristik modul IPA yang dikembangkan mengacu pada model pembelajaran inkuiri terbimbing, memuat ciri khas produk seperti fitur-fitur penting memudahkan siswa belajar mandiri, memuat video praktikum dan LKPD serta dilengkapi uji kompetensi disetiap akhir materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul IPA berbantuan video praktikum memperoleh skor 0,88 dengan kategori validitas sangat tinggi, rata-rata skor 4,39 dengan kategori sangat praktis, dan rata-rata skor 4,07 dengan kategori terbaca. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk modul IPA berbantuan video praktikum pada pokok bahasan klasifikasi materi dan perubahannya untuk siswa SMP/MTs kelas VII dinyatakan valid, praktis, dan terbaca, dan dapat dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu uji keefektifan produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul IPA, Video Praktikum, Klasifikasi Materi dan Perubahannya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Dwi Ardaniansyah
Date Deposited: 31 May 2023 05:48
Last Modified: 31 May 2023 05:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14940

Actions (login required)

View Item View Item