Kurniawati, Laila (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1413021021-COVER.pdf Download (10MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413021021-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413021021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413021021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413021021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413021021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413021021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413021021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413021021-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (MPKGI) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung (PL) di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Gerokgak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA semester genap di SMA Negeri 1 Gerokgak tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah anggota 93 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 orang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 orang diterapkan pembelajaran langsung. Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang berjumlah 25 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur, yang dilanjutkan analisis Least Significant Difference (LSD). Uji hipotesis dilakukan setelah data penelitian memenuhi uji asumsi, yaitu uji normalitas, homogenitas, dan linearitas. Semua pengujian dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis secara deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kelompok MPKGI sebesar 87,74 dengan standar deviasi 7,51 dan nilai rata-rata hasil belajar kelompok PL sebesar 60,13 dengan standar deviasi 8,67. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai F sebesar 138,127 dengan signifikasni 0,001 (F=138,127 : p<0,05). Hasil uji LSD menunjukkan bahwa nilai rata-rata terestimasi hasil belajar siswa pada kelompok MPKGI sebesar 87,742, lebih tinggi dibandingkan kelompok PL sebesar 60,129. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang belajar menggunakan MPKGI dengan siswa yang belajar menggunakan PL di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Gerokgak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, hasil belajar, dan pembelajaran fisika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Laila Kurniawati |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 03:41 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 03:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1495 |
Actions (login required)
View Item |