Junia, Ni Made Indah (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BITERA KABUPATEN GIANYAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031302-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031302-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031302-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (481kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031302-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031302-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031302-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031302-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031302-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031302-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui rancang bangun pengembangan E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 3 Bitera (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 3 Bitera (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 3 Bitera. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluatition). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, angket dan tes objektif tipe pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan analisis statistika infrensial (uji-t). Hasil uji ahli validitas ahli isi mata pelajaran diperoleh hasil 91% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran 90% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji peorangan 98%, uji kelompok kecil 97%, uji lapangan 96,7% dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung -3,807 untuk dk =58 dan taraf signifikan 5% ttabel 2,002 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila layak dan efektif diterapkan pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 3 Bitera kabupaten Gianyar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Profil Pelajar Pancasila, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Indah Junia |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:36 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15181 |
Actions (login required)
View Item |