PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BITERA KABUPATEN GIANYAR TAHUN AJARAN 2022/2023

Junia, Ni Made Indah (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BITERA KABUPATEN GIANYAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031302-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031302-ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031302-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (481kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031302-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031302-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031302-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031302-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031302-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031302-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui rancang bangun pengembangan E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 3 Bitera (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 3 Bitera (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 3 Bitera. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluatition). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, angket dan tes objektif tipe pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan analisis statistika infrensial (uji-t). Hasil uji ahli validitas ahli isi mata pelajaran diperoleh hasil 91% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran 90% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji peorangan 98%, uji kelompok kecil 97%, uji lapangan 96,7% dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung -3,807 untuk dk =58 dan taraf signifikan 5% ttabel 2,002 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila layak dan efektif diterapkan pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 3 Bitera kabupaten Gianyar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Profil Pelajar Pancasila, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Indah Junia
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:36
Last Modified: 08 Jun 2023 02:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15181

Actions (login required)

View Item View Item