PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL PRAKTIK MENGAJAR BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA SD

Zikrun, Anastasya Qori (2023) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL PRAKTIK MENGAJAR BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031311-COVER.pdf

Download (279kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031311-ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031311-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031311-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031311-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031311-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031311-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031311-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031311-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk modul digital praktik mengajar berbasis masalah pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA SD yang valid. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian ADDIE, adapun tahapannya terdiri dari: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah 6 ahli untuk mengetahui validitas modul digital yang dikembangkan. Objek dalam penelitian ini adalah validitas modul digital praktik mengajar berbasis masalah pada mata kuliah pembelajaran IPA SD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan (1) modul digital praktik mengajar berbasis masalah pada mata kuliah pembelajaran IPA SD memperoleh indeks validitas ahli materi sebesar 94%, ahli media sebesar 93,35%, dan ahli desain sebesar 90% termasuk ke dalam validitas sangat baik. (2) Hasil analisis validitas oleh uji perorangan rata-rata sebesar 96,67% dan validitas modul digital praktik mengajar berbasis masalah memperoleh indeks oleh uji kelompok kecil rata-rata sebesar 97,22%. Menurut kriteria skala lima artinya produk yang dikembangkan termasuk ke dalam validitas sangat baik. Berdasarkan analisis uji validitas tersebut, modul digital praktik mengajar berbasis masalah pada mata kuliah pembelajaran IPA SD dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul digital, berbasis masalah, pembelajaran IPA SD
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Anastasya Qori Zikrun
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:12
Last Modified: 12 Jun 2023 03:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15201

Actions (login required)

View Item View Item