Anggreni, Ni Kadek Dewi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS III KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031296-COVER.pdf Download (865kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031296-ABSTRAK.pdf Download (546kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031296-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (641kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031296-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031296-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031296-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031296-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031296-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (545kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031296-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan gaya kognitif terhadap literasi sains siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini siswa kelas V Gugus III Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Sampel penelitian diambil dengan teknik rendom sampling dengan kelas yang dirandom. Sampel penelitian ini adalah kelas V SD N 1 Astina dan SD N 1 Paket Agung dengan jumlah siswa 33 sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD N Mutiara Singaraja dan SD N 1 Banjar Jawa dengan jumlah siswa 30 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda untuk literasi sains dan tes MFFT untuk gaya kognitif siswa. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan Anava dua jalur dan uji Tukey sebagai tindak lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan gaya kognitif terhadap literasi sains dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dengan gaya kognitif terhadap literasi sains dengan nilai siginifikansi 0,001 < 0,05, (3) terdapat perbedaan literasi sains pada siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif antara yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dan yang mengikuti model konvensional dengan nilai signifikansi 0,025 < 0,05, dan (4) terdapat perbedaan literasi sains pada siswa yang memiliki gaya kognitif inpulsif antara yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dan yang mengikuti model konvensional dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Dengan demikian, model model pembelajaran berbasis masalah dan gaya kognitif berpengaruh terhadap literasi sains siswa kelas V Gugus III Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah, gaya kognitif, literasi sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dewi Anggreni |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 07:33 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 07:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15218 |
Actions (login required)
View Item |