Rahayu, Desak Made Sri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA DIMENSI BERNALAR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V GUGUS III KECAMATAN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031213-COVER.pdf Download (739kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031213-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031213-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (132kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031213-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031213-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031213-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031213-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031213-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031213-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis mata pelajaran IPA siswa kelas V Gugus III Kecamatan Kediri. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen bentuk Quasi Eksperimental Design. Rancangan penelitian yaitu nonequivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Kediri berjumlah 227 orang. Teknik sampling yang digunakan random sampling dengan kelas yang dirandom sebagai intact group. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VA SDN 1 Banjar Anyar 25 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 7 Banjar Anyar 29 orang sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian berjumlah 10 soal. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial. Rata-rata hasil tes bernalar kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write berbasis Tri Kaya Parisudha adalah 83,76. Sedangkan yang mengikuti pembelajaran konvensional adalah 58,47. Pada pengujian hipotesis dari hasil uji-t sampel independen nilai pada kolom Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, maka 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis pada mata pelajaran IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write berbasis Tri Kaya Parisudha dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh terhadap profil pelajar pancasila pada dimensi bernalar kritis mata pelajaran IPA siswa kelas V Gugus III Kecamatan Kediri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TTW, Tri Kaya Parisudha, Bernalar Kritis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Desak Made Sri Rahayu |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 00:57 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 00:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15239 |
Actions (login required)
View Item |