PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS 11 IPS 2 SMA NEGERI 2 MENDOYO

Sulasiawati, Ni Luh Astari (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS 11 IPS 2 SMA NEGERI 2 MENDOYO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1917011058-COVER.pdf

Download (512kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1917011058-ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1917011058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1917011058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1917011058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1917011058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1917011058-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1917011058-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1917011058-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini melibatkan subjek guru dan siswa dengan jumlah 27 siswa yang tersusun atas 12 perempuan serta 15 laki-laki kelas 11 IPS 2 SMA Negeri 2 Mendoyo tahun ajaran 2022/2023. Hasil kajian memperoleh temuan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa diamati dari data yang diperoleh setelah observasi siswa saat siklus I dan siklus II. Siklus I nilai rerata keaktifan belajar siswa yang didapatkan siswa adalah 52% berkategori kurang. Siklus II nilai rerata keaktifan belajar siswa yang didapatkan siswa ialah 82% berkategori sangat tinggi. Berlandaskan pada hasil kajian bisa ditarik simpulan bahwasanya keaktifan belajar siswa mempergunakan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran ekonomi di kelas 11 IPS 2 SMA Negeri 2 Mendoyo mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Ni Luh Astari Sulasiawati
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:55
Last Modified: 20 Jun 2023 01:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15275

Actions (login required)

View Item View Item