Pasaribu, Oni Rianti (2023) Pengembangan E-Modul Berpendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811021016-COVER.pdf Download (912kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811021016-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (450kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
181102106-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan e-modul berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA, (2) untuk mengetahui validitas e-modul berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA, (3) dan untuk mengetahui efektivitas e-modul berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Metode pengumpulan data menggunakan metode kusioner, pretest dan posttest. Hasil penelitian ini adalah (1) pengembangan e-modul berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA yang memiliki tahap pengembangan yaitu, tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) validitas kelayakan e-modul pembelajaran memperoleh hasil penelitian sebagai berikut: a) ahli isi mata pelajaran sebesar 97% dengan predikat sangat baik, b) ahli desain pembelajaran sebesar 91,66% dengan predikat sangat baik, c) ahli media pembelajaran sebesar 90,90% dengan predikat sangat baik, d) uji coba perorangan sebesar 95,51% dengan predikat sangat baik, e) uji kelompok kecil sebesar 96,15% dengan predikat sangat baik, f) uji coba lapangan sebesar 95,74% dengan predikat sangat baik. (3) penggunaan e-modul berpendekatan kontekstual terdapat efektivitas pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan e-modul pembelajaran. Hal ini sudah menunjukkan bahwa e-modul berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa hasil bangun rancang e-modul menggunakan model ADDIE yang dirancang dengan menarik, mendapatkan hasil validitas dari para uji ahli, uji coba produk dengan predikat sangat baik dan dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-Modul, Kontekstual, IPA, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Oni Rianti Pasaribu |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 00:33 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 00:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15303 |
Actions (login required)
View Item |