Susilowaty, Mery Leni (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SD SANTA ANNA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811021017-COVER.pdf Download (839kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811021017-ABSTRAK.pdf Download (404kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1811021017-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (370kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1811021017-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1811021017-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021017-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1811021017-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (455kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811021017-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kurangnya penerapan media pembelajaran inovatif dan bervariasi menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menginvestigasi proses pengembangan, validitas, dan efektivitas produk media pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV di SD Santa Anna, pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran interaktif. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas IV di SD Santa Anna. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, angket, dan tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan uji-t inferensial. Hasil penilaian oleh ahli isi muatan pelajaran mendapatkan nilai sebesar 94%, ahli media pembelajaran mendapatkan nilai sebesar 97,77%, dan ahli desain pembelajaran mendapatkan nilai sebesar 94,44%. Uji coba perorangan mendapatkan nilai sebesar 91,56%, uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai sebesar 94,66%, dan uji coba lapangan mendapatkan nilai sebesar 90,74%. Keseluruhan persentase tersebut berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji-t, diperoleh nilai t-hitung sebesar 27,276 dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,008. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung ≥ t-tabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi, semangat, dan minat belajar siswa, serta memberikan sumber referensi baru bagi guru dalam mengembangkan model dan metode pengajaran yang lebih interaktif dan efektif. Penemuan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa menunjukkan pentingnya memanfaatkan teknologi dalam pendidikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan model ADDIE sangat baik, tepat, dan praktis, terlihat dari hasil belajar siswa dalam penggunaan media pembelajaran interaktif yang valid dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam bagi siswa kelas IV di SD Santa Anna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran interaktif, ADDIE, ilmu pengetahuan alam |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Mery Leni Susilowaty |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 00:35 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 00:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15306 |
Actions (login required)
View Item |