Wulandari, Kadek Siska (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA TOPIK SIKLUS AIR DI KELAS V SD NEGERI 3 PANJI ANOM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031231-COVER.pdf Download (552kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031231-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031231-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (509kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031231-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031231-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (972kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031231-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031231-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031231-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031231-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan rancang bangun dari media pembelajaran Audio Visual Berbasis Literasi Digital pada Topik Siklus Air di Kelas V SD. (2) menguji validitas media. (3) menguji respon peserta didik kelas V dan guru terhadap media yang dikembangkan. (4) menguji efektifitas penggunaan media pengembangan tersebut. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba penelitian ini yakni media Audio Visual Berbasis Literasi Digital pada Topik Siklus Air di Kelas V SD. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu skor validasi dari desain pembelajaran, yaitu 97,5% (sangat baik), ahli materi pembelajaran yaitu 93,3% (sangat baik), ahli media pembelajaran yaitu 97,6% (sangat baik). Hasil penilaian dari guru (Praktisi) yaitu 95,2% (sangat baik) dan siswa yaitu 89,32% (sangat baik). Hasil uji efektifitas juga menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Literasi Digital terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Panji Anom. Disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Literasi Digital pada Topik Siklus Air dapat meningkatkan Hasil belajar cpada siswa kelas V SD Negeri 3 Panji Anom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, audio visual, literasi digital |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Siska Wulandari |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:46 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15331 |
Actions (login required)
View Item |