PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KOMPETENSI BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V GUGUS I GUSTI NGURAH RAI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rusdiana, I Kadek Angga (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KOMPETENSI BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V GUGUS I GUSTI NGURAH RAI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031181-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031181-ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031181-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031181-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031181-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031181-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031181-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031181-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031181-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Kompetensi Bahasa Indonesia yang dibelajarkan dengan model pembelajaran talking stick, (2) mengetahui Kompetensi Bahasa Indonesia yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dan (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kompetensi Bahasa Indonesia di kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain non- equivalent post test only control group design. Instrumen pengumpulan data kompetensi menggunakan tes isian. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan analisis bivariat uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) Skor kompetensi kelompok eksperimen menunjukkan nilai statistik Mo>Md>M dengan kategori sangat baik. (2) Skor kompetensi kelompok kontrol menunjukkan nilai statistik Mo<Md<M dengan kategori cukup. (3) Berdasarkan analisa deskriptif bahwa hasil post test kelompok eksperimen memiliki rata-rata skor yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Selain itu, Berdasarkan hasil Independent t test menunjukkan bahwa nilai siginifikansi sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05) sehingga secara deskriptif dan statistika bivariat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick mampu mempengaruhi peningkatan kompetensi Bahasa Indonesia siswa SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Bahasa Indonesia, Talking Stick,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Kadek Angga Rusdiana
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:20
Last Modified: 26 Jun 2023 02:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15352

Actions (login required)

View Item View Item