PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA KELAS IV SD GUGUS 11 MENGWI TAHUN AJARAN 2022/2023

Permana, I Komang Aditya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA KELAS IV SD GUGUS 11 MENGWI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031132-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031132-ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031132-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031132-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031132-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031132-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031132-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031132-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031132-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan Media Kartu Soal terhadap kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas IV SD Gugus 11 Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan rancangan desain penelitian bentuk non-equivalent control group design. Seluruh siswa kelas IV SD Gugus 11 Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 110 siswa dijadikan sebagai populasi penelitian. Seluruh populasi disetarakan menggunakan uji Anava, setelah dinyatakan setara maka dilanjutkan pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling, kemudian diperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD No. 2 Sembung sebagai kelompok eksperimen sebanyak 24 siswa, dan kelas IV SD No. 3 Kuwum sebagai kelompok kontrol sebanyak 21 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes bentuk pilihan ganda berjumlah 25 butir. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih dari nilai rata-rata kelompok kontrol X ̅= 80,291 > X ̅ = 73,071. Hasil analisis hipotesis diperoleh thitung = 2,516 > ttabel = 2.016 berdsarkan taraf signifikansi 5% dan dengan dk = 43 (n1 + n2 – 2), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji-t didukung oleh perbedaan nilai rata-rata kedua kelompok sampel, maka dapat diketahui terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi baca-tulis antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Kartu Soal dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Kartu Soal pada siswa kelas IV SD Gugus 11 Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: course review horay, kartu soal, kemampuan literasi baca-tulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Komang Aditya Permana
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:18
Last Modified: 03 Jul 2023 01:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15415

Actions (login required)

View Item View Item