Septyajaya, I Made Dimas (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT TANYA MUATAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031216-COVER.pdf Download (462kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031216-ABSTRAK.pdf Download (43kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031216-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031216-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031216-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (798kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031216-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031216-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031216-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031216-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Discovery Learning berbasis media gambar terhadap kemampuan siswa menyusun kalimat tanya muatan Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimental desaign) dengan rancangan desain penelitian bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 159 orang siswa dari 3 sekolah negeri yang berbeda. Seluruh populasi disetarakan menggunakan uji anava, setelah populasi setara maka dilanjutkan pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, selanjutnya diperoleh kelompok eksperimen yaitu kelas III B di SD Negeri 9 Pedungan yang berjumlah 32 orang siswa dan kelompok kontrol yaitu kelas III B di SD Negeri 1 Pedungan yang berjumlah 33 orang siswa. metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes pilihan ganda berjumlah 25 butir. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). hasil analisis hipotesis diperoleh thitung = 3,822 > ttabel = 1,998 berdsarkan taraf signifikansi 5% dan dengan dk = 63, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menyusun kalimat tanya muatan Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning berbasis media gambar dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning berbasi media gambar pada siswa kelas III SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Discovery Learning, Media Gambar, Kemampuan Menyusun Kalimat Tanya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Dimas Septyajaya |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 01:20 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 01:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15416 |
Actions (login required)
View Item |