Putri, Ni Putu Enimelia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD GUGUS TUANKU IMAM BONJOL TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031280-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031280-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031280-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031280-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031280-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031280-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031280-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031280-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031280-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity berbantuan media gambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus Tuanku Imam Bonjol tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimenr design) dengan rancangan desain penelitian bentuk non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus Tuanku Imam Bonjol. Seluruh populasi disetarakan menggunakan uji Anava, setelah dinyatakan setara maka dilanjutkan pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling, kemudian diperoleh kelompok eksperimen yaitu kelas VB di SD Negeri 13 Pemecutan yang berjumlah 33 orang siswa dan kelompok kontrol yaitu kelas VA di SD Negeri 2 Pemecutan yang berjumlah 32 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes bentuk pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis hipotesis diperoleh t-hitung = 6,11 > t-tabel = 1,998 berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dengan dk = 63 (n1+n2-2), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil Uji-t didukung oleh perbedaan nilai rata-rata kedua kelompok sampel, maka dapat diketahui terdapat perbedaan yang signifikan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity berbantuan media gambar dan kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity berbantuan media gambar berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman siswa kelas V di SD Gugus Tuanku Imam Bonjol tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Directed Reading Thinking Activity, Kemampuan Membaca Pemahaman, Media Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Enimelia Putri |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 07:14 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 07:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15417 |
Actions (login required)
View Item |