Dewi, Ni Putu Amanda Rahma (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI GUGUS IV KECAMATAN SUKAWATI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031038-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031038-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (166kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031038-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kepercayaan diri dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di Gugus IV Sukawati. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ialah siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Sukawati tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 281 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Penentuan sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan tabel dari R.V. Krejcie dan D.W. Morgan dengan kesalahan 5% dan diperoleh sampel sebanyak 162 siswa serta dilakukan juga perhitungan Warwick dan Lininger untuk perolehan akhir sampel yaitu sebanyak 189 siswa. Data kepercayaan diri dan kecerdasan emosional dikumpulkan dengan metode non tes yaitu kuesioner. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan melalui pecatatan dokumen nilai raport semester ganjil. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t untuk menguji variabel bebas secara parsial terhadap variabel terikat dan analisis regresi berganda dengan uji signifikan menggunakan uji F untuk menguji variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kepercayaan diri terhadap hasil belajar IPA terbukti dari thitung= 6,600> ttabel 1,960, dengan sumbangan efektif sebesar 23,1%, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPA terbukti dari thitung= 8,351 > t tabel= 1,960 dengan sumbangan efektif 31,9%. (3) Secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan kepercayaan diri dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPA terbukti darihasil Fhitung =103,779 > F tabel= 3,03, dengan R2=0,550 atau berpengaruh sebesar 55%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kepercayaan diri dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Amanda Rahma Dewi |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 07:16 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 07:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15458 |
Actions (login required)
View Item |