Wiraputra, I Putu Fredy Andi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS II MAJAPAHIT KECAMATAN PEKUTATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041014-COVER.pdf Download (581kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041014-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041014-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap literasi sains. (2) menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar IPA, dan (3) menganalisis pengaruh yang simultan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap literasi sains dan hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus II Majapahit Kecamatan Pekutatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Data literasi sains dikumpulkan dengan metode tes essay dan data hasil belajar IPA menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Anava dan Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap literasi sains siswa kelas V diperoleh (Fhitung = 38,012 > Ftabel 3,96), 2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas v diperoleh (Fhitung = 42, 393 > Ftabel 3,96), dan 3) secara simultan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mappin terdapat literasi sains dan hasil belajar IPA siswa kelas V diperoleh F = 21, 028; p < 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran SAVI, Mind Mapping, Literasi Sains dan Hasil Belajar IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Putu Fredy Andi Wiraputra |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 13:14 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 13:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15470 |
Actions (login required)
View Item |