PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS II MAJAPAHIT KECAMATAN PEKUTATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Wiraputra, I Putu Fredy Andi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS II MAJAPAHIT KECAMATAN PEKUTATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041014-COVER.pdf

Download (581kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041014-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041014-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap literasi sains. (2) menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar IPA, dan (3) menganalisis pengaruh yang simultan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap literasi sains dan hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus II Majapahit Kecamatan Pekutatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Data literasi sains dikumpulkan dengan metode tes essay dan data hasil belajar IPA menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Anava dan Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap literasi sains siswa kelas V diperoleh (Fhitung = 38,012 > Ftabel 3,96), 2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas v diperoleh (Fhitung = 42, 393 > Ftabel 3,96), dan 3) secara simultan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mappin terdapat literasi sains dan hasil belajar IPA siswa kelas V diperoleh F = 21, 028; p < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI, Mind Mapping, Literasi Sains dan Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Putu Fredy Andi Wiraputra
Date Deposited: 13 Jul 2023 13:14
Last Modified: 13 Jul 2023 13:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15470

Actions (login required)

View Item View Item