PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR BERMUATAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP KETERAMPILAN MEMAHAMI ISI BACAAN PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS V SUKAWATI

Swari, Cokorda Sri Pradnya (2023) PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR BERMUATAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP KETERAMPILAN MEMAHAMI ISI BACAAN PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS V SUKAWATI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031273-COVER.pdf

Download (962kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031273-ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031273-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (365kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031273-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031273-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031273-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031273-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031273-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031273-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan media cerita bergambar bermuatan nilai-nilai Pancasila terhadap keterampilan memahami isi bacaan pada siswa kelas V SDN Gugus V Sukawati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment dalam bentuk non-equivalent kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus V Sukawati sebanyak 199 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 4 Ketewel sebagai kelompok eksperimen sebanyak siswa 39 orang dan siswa kelas V SD Negeri 1 Ketewel sebagai kelompok kontrol sebanyak siswa 39 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat pilihan jawaban (a,b,c,d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 16,92 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 14,96 yang berada pada kategori sangat rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 22,3 yang berada pada kategori sedang, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 19,5 yang berada pada kategori rendah. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 3,357 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 76 adalah 1,991. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yakni 3,357 > 1,991 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media cerita bergambar bermuatan nilai-nilai Pancasila terhadap keterampilan memahami isi bacaan pada siswa kelas V SDN Gugus V Sukawati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: keterampilan memahami isi bacaan, nilai-nilai Pancasila, cerita bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Cokorda Sri Pradnya Swari
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:18
Last Modified: 03 Jul 2023 07:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15490

Actions (login required)

View Item View Item