Karnajaya, Kadek Nugi (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Desa Mas Ubud Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031283-COVER.pdf Download (359kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031283-ABSTRAK.pdf Download (60kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031283-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031283-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031283-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031283-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031283-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031283-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031283-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun video pembelajaran interaktif berbasis profil pelajar pancasila pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia bagi siswa kelas IV SD Negeri 8 Mas tahun ajaran 2022/2023, (2) mengetahui kelayakan video pembelajaran interaktif berbasis profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 8 Mas tahun ajaran 2022/2023, dan (3) mengetahui efektivitas video pembelajaran interaktif berbasis profil pelajar pancasila pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya indonesia bagi siswa kelas IV SD Negeri 8 Mas tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengadaptasi model ADDIE. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner, wawancara, observasi, dan tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan deskriptif kuantitatif, kualitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun video pembelajaran interaktif berbasis profil pelajar Pancasila dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun memperoleh skor 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, (2) kelayakan video pembelajaran interaktif berbasis profil pelajar pancasila dinyatakan sangat baik berdasarkan penilaian uji ahli isi pembelajaran memperoleh skor 92,30% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran memperoleh skor 90% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji ahli media pembelajaran memperoleh skor 89,28% dengan kualifikasi baik, uji coba perorangan memperoleh skor 91,67% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil memperoleh skor 92,13% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji lapangan memperoleh skor 93,03% dengan kualifikasi sangat baik. (3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 11,54 dengan harga ttabel taraf signifikansi 5% untuk db = 28 adalah 2,048. Dengan demikian, harga thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, video pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPAS efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran Interaktif, Profil Pelajar Pancasila, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Nugi Karnajaya |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 03:05 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 03:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15493 |
Actions (login required)
View Item |