Saputra, I Gede Teguh (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Bagi Siswa Kelas IV di SD No. 3 Benoa Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031334-COVER.pdf Download (349kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031334-ABSTRAK.pdf Download (25kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031334-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031334-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031334-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031334-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031334-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031334-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031334-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis profil pelajar Pancasila pada muatan IPS kelas IV di SD No. 3 Benoa. Penelitian pengembangan ini menerapkan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, evaluations. Subjek uji coba produk pada penelitian pengembangan ini yaitu terdiri dari ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran serta siswa kelas IV di SD No. 3 Benoa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket/kuesioner dengan instrument berupa lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu, (1) rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif berbasis profil pelajar Pancasila berupa aplikasi yang didalamnya berisi tentang unsur-unsur multimedia interaktif seperti teks, gambar, suara, video, animasi, dan navigasi. (2) Hasil kelayakan multimedia pembelajarn interaktif berbasis profil pelajar Pancasila menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan (a) hasil review ahli isi pembelajaran (92,30%) berkualifikasi sangat baik, (b) hasil review ahli desain pembelajaran (90%) berkualifikasi sangat baik, (c) hasil review ahli media pembelajaran (91,07%) berkualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan (92,50%) berkualifikasi sangat baik, (e) hasil uji coba kelompok kecil (94,16%) berkualifikasi sangat baik, dan (d) hasil uji coba lapangan (95,11%) berkualifikasi sangat baik. (3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 12,10 dengan harga ttabel taraf signifikansi 5% untuk db = 42 adalah 2,021. Dengan demikian, harga thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, IPS, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Teguh Saputra |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 02:44 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 02:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15494 |
Actions (login required)
View Item |