Aritonang, Rido (2023) Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Microlearning Pada Muatan IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Panji Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1911021006-COVER.pdf Download (663kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021006-ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021006-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (180kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1911021006-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1911021006-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021006-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1911021006-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021006-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui rancang bangun pengembangan media video pembelajaran berbasis microlearning pada muatan IPAS kelas IV semester genap di SD Negeri 4 Panji, 2) mengetahui validitas pengembangan produk media video pembelajaran berbasis microlearning pada muatan IPAS kelas IV semester genap di SD Negeri 4 Panji, 3) mengetahui efektivitas pengembangan produk media video pembelajaran berbasis microlearning pada muatan IPAS kelas IV semester genap di SD Negeri 4 Panji. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE yakni Analysis, Design, Development, Implementastion, dan Evaluation. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 orang siswa kelas IV SD Negeri 4 Panji. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iin yaitu kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan media video pembelajaran microlearning pada muatan IPAS dinyatakan valid dengan hasil review Ahli Isi Materi Pelajaran sebesar 90% (sangat baik), Ahli Desain Pembelajaran sebesar 93,3% (sangat baik), dan Ahli Media Pembelajaran sebesar 94% (sangat baik), serta uji coba perorangan sebesar 96,6% (sangat baik), uji coba kelompok kecil sebesar 95,5% (sangat baik), dan uji lapangan sebesar 94,6% (sangat baik). Efektivitas produk pengembangan media video pembelajaran berbasis microlearning diukur dengan melakukan pretest dan posttest terhadap 30 orang siswa kelas IV SD Negeri 4 Panji. Perhitungan uji-t, Harga t-hitung selanjutnya dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = n1 + n2 - 2 = 29 – 2 = 27 diperoleh t-tabel sebesar 2,021. Hasil ini menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel (25.26245 > 28.712), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Secara umum hasil penelitian media video pembelajaran berbasis microlearning muatan IPAS valid dengan kualifikasi sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video, Microlearning, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Rido Aritonang |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 00:51 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 00:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15540 |
Actions (login required)
View Item |