Pengembangan perangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP

Setiani, Ni Kadek Dewi (2023) Pengembangan perangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911011004-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911011004-ABSTRAK.pdf

Download (609kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (500kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (875kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911011004-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prototype perangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP, mengetahui keberterimaan perangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP, dan mengetahui efektifitas perangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development) dengan menggunakan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974) yaitu sebagai berikut : (1) Tahap (Define), (2) Tahap (Design), (3) Tahap (Develop), (4) Tahap (Disseminate). Penelitian ini melibatkan 5 orang ahli dalam bimbingan konseling diantaranya 3 orang dosen Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 2 orang Guru Bimbingan Konseling SMP Negeri 2 Singaraja. Prototype perangkat layanan bimbingan klasikal meliputi RPL, materi layanan, media, LKPD, dan alat evaluasi. Keberterimaan perangkat layanan bimbingan klasikal menemukan hasil perhitungan indeks CVR didapatkan jumlah total skor keseluruhan CVR adalah 65, sehingga perhitungan CVI mendapatkan hasil 1. Hasil uji t data pada tabel, diketahui nilai probabilitas sebesar 0,023, sehingga nilai probabilitas ini lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05. Dengan demikian, perangkat layanan bimbingan klasikal efektif untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prototype, keberterimaan, efektifitas layanan bimbingan klasikal, tanggung jawab belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ni Kadek Dewi Setiani
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:28
Last Modified: 07 Jul 2023 01:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15549

Actions (login required)

View Item View Item