Putri, Ni Putu Yuliana Santini (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA KEBERSAMAAN KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031128-COVER.pdf Download (354kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031128-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031128-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (119kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031128-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031128-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031128-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (843kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031128-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031128-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031128-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran Big Book berbasis Problem Based Learning pada tema kebersamaan yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangan. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan yakni tahapan analisis, tahapan desain, tahapan pengembangan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran Big Book berbasis Problem Based Learning pada tema kebersamaan kelas II sekolah dasar dengan subjek sebanyak 23 siswa kelas II SD Negeri 1 Sambangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode kuesioner, observasi, dan tes. Hasilnya media Big Book yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan uji validitas dari ahli materi 92%, ahli desain 88%, ahli media 88%, uji coba perorangan 87%, uji kelompok kecil 95%, uji kepraktisan dari uji respon siswa 95%, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran 100%. Uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung sebesar 5,23 dan taraf signitifikansi 5% ttabel = 1,68. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian media pembelajaran Big Book berbasis Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar tema kebersamaan, serta valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran di kelas II Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Big Book, Problem Based Learning, tema kebersamaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Yuliana Santini Putri |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 01:53 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 01:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15626 |
Actions (login required)
View Item |