Suarmini, Ni Kadek (2023) PEMANFAATAN MEDIA WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEGALLALANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011017-COVER.pdf Download (706kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011017-ABSTRAK.pdf Download (64kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011017-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah pelaksanaan pemanfaatan media Wordwall dalam pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 1 Tegallalang, (2) mendeskripsikan respons peserta didik terhadap pemanfaatan media Wordwall dalam pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 1 Tegallalang, dan (3) mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa pada pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia memanfaatkan media Wordwall di kelas VIII SMP Negeri 1 Tegallalang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Tegallalang yang berjumlah 37 peserta didik. Objek penelitian ini adalah Pemanfaatan media Wordwall dalam Pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode kuesioner, metode wawancara, dan metode dokumentasi, serta dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) langkah pelaksanaan pemanfaatan media Wordwall yang dilakukan guru dalam pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia sudah berjalan dengan efektif, (2) kuesioner respons peserta didik pemanfaatan media Wordwall pada kegiatan penutup pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia sudah berjalan dengan efektif, dan (3) rata-rata nilai tingkat kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan materi teks iklan memanfaatkan media Wordwall dalam pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia dengan presentase 80,54% dan 84,05% memiliki kategori Baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Indonesia, Interaktif, Wordwall |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Suarmini |
Date Deposited: | 08 Jul 2023 07:46 |
Last Modified: | 08 Jul 2023 07:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15665 |
Actions (login required)
View Item |