PENGARUH PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MUATAN IPA KELAS VI SD GUGUS VI YUDISTIRA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dewi, Ni Putu Sillvia Sari (2023) PENGARUH PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MUATAN IPA KELAS VI SD GUGUS VI YUDISTIRA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031220-COVER.pdf

Download (790kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031220-ABSTRAK.pdf

Download (576kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031220-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (633kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031220-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031220-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031220-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031220-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031220-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031220-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan IPA antara pendekatan SAVI dan pembelajaran konvesional kelas VI SD Gugus VI Yudistira Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen semu atau Quasi Eksperiment, dengan bentuk desain NonEquivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Gugus VI Yudistira sebanyak 5 kelas dengan jumlah 110 orang siswa, yang telah diuji kesetaraannya menggunakan Analisis Varians Satu Jalur (ANAVA A). Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Random Sampling. Hasil dari random sampling didapatkan kelas VI SD Negeri 2 Berangbang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VI SD Negeri 5 Berangbang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dengan instrumen tes uraian. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan nilai sig. (2-tailed) diperoleh hasil yaitu 0,006  0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan IPA antara pendekatan SAVI dan pembelajaran konvesional kelas VI SD Gugus VI Yudistira Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SAVI, Kemampuan Berpikir Kreatif, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Sillvia Sari Dewi
Date Deposited: 11 Jul 2023 00:37
Last Modified: 11 Jul 2023 00:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15763

Actions (login required)

View Item View Item