Dewi, Ni Putu Sillvia Sari (2023) PENGARUH PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MUATAN IPA KELAS VI SD GUGUS VI YUDISTIRA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031220-COVER.pdf Download (790kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031220-ABSTRAK.pdf Download (576kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031220-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (633kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031220-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031220-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031220-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031220-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031220-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (535kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031220-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan IPA antara pendekatan SAVI dan pembelajaran konvesional kelas VI SD Gugus VI Yudistira Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen semu atau Quasi Eksperiment, dengan bentuk desain NonEquivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Gugus VI Yudistira sebanyak 5 kelas dengan jumlah 110 orang siswa, yang telah diuji kesetaraannya menggunakan Analisis Varians Satu Jalur (ANAVA A). Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Random Sampling. Hasil dari random sampling didapatkan kelas VI SD Negeri 2 Berangbang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VI SD Negeri 5 Berangbang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dengan instrumen tes uraian. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan nilai sig. (2-tailed) diperoleh hasil yaitu 0,006 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan IPA antara pendekatan SAVI dan pembelajaran konvesional kelas VI SD Gugus VI Yudistira Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAVI, Kemampuan Berpikir Kreatif, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sillvia Sari Dewi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 00:37 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 00:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15763 |
Actions (login required)
View Item |