PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERORIENTASI TRADISI MAKEPUNG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS V SD GUGUS VI YUDISTIRA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Paramitha, Ni Luh Putu Ayu Eka Sri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERORIENTASI TRADISI MAKEPUNG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS V SD GUGUS VI YUDISTIRA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031219-COVER.pdf

Download (764kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031219-ABSTRAK.pdf

Download (569kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031219-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (632kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031219-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031219-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031219-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031219-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031219-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031219-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berorientasi tradisi Makepung terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas V SD Gugus VI Yudistira tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment), dengan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus VI Yudistira, sebanyak 5 kelas dengan jumlah 106 orang. Sampel diambil menggunakan random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas V SD Negeri 2 Berangbang sebanyak 24 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 5 Berangbang sebanyak 21 orang sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan penilain produk tulisan berupa cerpen. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan nilai sig. (2-tailed) diperoleh hasil yaitu 0,004  0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TTW berorientasi tradisi Makepung terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas V SD Gugus VI Yudistira tahun pelajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write, tradisi Makepung, keterampilan menulis cerpen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Ayu Eka Sri Paramitha
Date Deposited: 11 Jul 2023 00:39
Last Modified: 11 Jul 2023 00:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15766

Actions (login required)

View Item View Item