ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR PASCA PANDEMI DI GUGUS I KECAMATAN TEJAKULA TAHUN AJARAN 2022/2023

Ariastini, Ni Made Juni (2023) ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR PASCA PANDEMI DI GUGUS I KECAMATAN TEJAKULA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031246-COVER.pdf

Download (762kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031246-ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031246-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031246-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031246-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031246-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031246-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031246-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031246-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan kesulitan membaca peserta didik, faktor penghambat peserta didik mengalami kesulitan membaca serta upaya penanganan guru kelas dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik kelas II SD Pasca Pandemi di Gugus I Kecamatan Tejakula. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh 133 siswa kelas II SD Gugus I Kecamatan Tejakula. Teknik sampling dalam penelitian ini dilakukan dengan cara teknik purposive sampling sehingga penelitian ini hanya dilakukan di tiga Sekolah Dasar dari 7 Sekolah Dasar yang ada di Gugus Kecamatan Tejakula, yakni di SD Negeri 3 Sambirenteng, SD Negeri 1 Tembok dan SD Negeri 2 Tembok karena hanya tiga sekolah dasar saja yang memiliki siswa kelas II mengalami kesulitan membaca. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni tes, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis non-statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesulitan terendah siswa dalam membaca adalah kesulitan dalam membaca nyaring dan membaca pemahaman dengan rata-rata 17%. Kesulitan membaca selanjutnya yaitu pada aspek membaca kalimat dengan rata-rata 35%. Kesulitan lain yang dialami peserta didik adalah kesulitan dalam membaca kata dengan rata-rata 48%. Sedangkan aspek mengenal huruf siswa tidak ada yang mengalami kesulitan. Faktor penghambat kesulitan membaca siswa ialah faktor siswa (intelektual, psikologis, keluarga dan lingkungan) sebesar 85%, faktor guru sebesar 80% dan faktor proses pembelajaran sebesar 53%. Upaya penanganan guru kelas dalam mengatasi kesulitan membaca adalah dengan melakukan pendekatan individu kepada siswa, tidak mendiskriminasi siswa, menggunakan media pembelajaran menarik, melakukan bimbingan privat setelah selesai KBM dan mendiskusikan permasalahan dan kemajuan anak dengan orang tua atau walinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, kesulitan membaca, pasca pandemi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Juni Ariastini
Date Deposited: 12 Jul 2023 00:42
Last Modified: 12 Jul 2023 00:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15839

Actions (login required)

View Item View Item