Sujana, I Made (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Tat Twam Asi Terhadap pemahaman Konsep IPA siswa kelas V SD Gugus III, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031218-COVER.pdf Download (878kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031218-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031218-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (249kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031218-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031218-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031218-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031218-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031218-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (447kB) |
|
Text (Lampiran)
1911031218-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Tat Twam Asi terhadap pemahaman Konsep IPA siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent post-test only kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD di Gugus III Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 6 Tianyar yang berjumlah 36 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 2 Tianyar yang berjumlah 36 orang sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen tes objektif untuk mengukur pemahaman konsep IPA. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Adapun rata-rata skor pemahaman konsep IPA di kelas eksperimen adalah 79,75 sedangkan di kelas kontrol adalah 68,58. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Tat Twam Asi dan siswa yang tidak mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Tat Twam Asi pada kelas V di SD Gugus III Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem Tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini diketahui dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Artinya, model pembelajaran model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Tat Twam Asi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V di SD di Gugus III Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Tat Twam Asi, Pemahaman Konsep IPA. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Sujana |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 00:48 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 00:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15844 |
Actions (login required)
View Item |