PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING MENGGUNAKAN APLIKASI EDRAW MINDMASTER PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI SDN 1 ALASANGKER

Sukarata, I Gede Arya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING MENGGUNAKAN APLIKASI EDRAW MINDMASTER PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI SDN 1 ALASANGKER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031214-COVER.pdf

Download (298kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031214-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031214-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031214-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031214-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031214-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031214-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031214-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031214-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Mind mapping menggunakan aplikasi edraw mindmaster, yang teruji kevalidan dan kepraktisannya. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dengan model 4D (define- design- development- disseminate). Pada penelitian pengembangan ini, terdapat dua jenis data yang dikumpulkan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu media yang dihasilkan bersifat valid yang dari hasil penilaian ahli, praktisi dan uji coba kepada siswa. Pengujian validitas dalam penelitian pengembangan ini ditinjau dari dua aspek pokok, yaitu para ahli dan praktisi di sekolah (1) validitas yang diuji oleh ahli materi pembelajaran adapun hasil uji validitas media pembelajaran memperoleh rata-rata 3,8 skor berada pada rentang dengan kualifikasi sangat valid; pengujian validitas media menurut ahli media adapun hasil uji validitas media pembelajaran memperoleh rata-rata 3,6 skor berada pada rentang dengan kualifikasi sangat valid; (2) pengujian validitas media pembelajaran menurut praktisi atau guru di sekolah adapun hasil uji validitas media pembelajaran memperoleh rata-rata 3,86 skor berada pada rentang dengan kualifikasi sangat valid; pengujian validitas media pembelajaran menurut uji coba perorangan yang di ambil dari 3 orang siswa adapun hasil uji validitas media pembelajaran memperoleh rata-rata 3,84 skor berada pada rentang dengan kualifikasi sangat valid; pengujian validitas media pembelajaran menurut uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 9 orang siswa adapun hasil uji validitas media pembelajaran memperoleh rata-rata 3,38 skor berada pada rentang dengan kualifikasi sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Mind mapping, IPA SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Arya Sukarata
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:00
Last Modified: 12 Jul 2023 01:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15856

Actions (login required)

View Item View Item