Sukarata, I Gede Arya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING MENGGUNAKAN APLIKASI EDRAW MINDMASTER PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI SDN 1 ALASANGKER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031214-COVER.pdf Download (298kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031214-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031214-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031214-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031214-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031214-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031214-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031214-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031214-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Mind mapping menggunakan aplikasi edraw mindmaster, yang teruji kevalidan dan kepraktisannya. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dengan model 4D (define- design- development- disseminate). Pada penelitian pengembangan ini, terdapat dua jenis data yang dikumpulkan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu media yang dihasilkan bersifat valid yang dari hasil penilaian ahli, praktisi dan uji coba kepada siswa. Pengujian validitas dalam penelitian pengembangan ini ditinjau dari dua aspek pokok, yaitu para ahli dan praktisi di sekolah (1) validitas yang diuji oleh ahli materi pembelajaran adapun hasil uji validitas media pembelajaran memperoleh rata-rata 3,8 skor berada pada rentang dengan kualifikasi sangat valid; pengujian validitas media menurut ahli media adapun hasil uji validitas media pembelajaran memperoleh rata-rata 3,6 skor berada pada rentang dengan kualifikasi sangat valid; (2) pengujian validitas media pembelajaran menurut praktisi atau guru di sekolah adapun hasil uji validitas media pembelajaran memperoleh rata-rata 3,86 skor berada pada rentang dengan kualifikasi sangat valid; pengujian validitas media pembelajaran menurut uji coba perorangan yang di ambil dari 3 orang siswa adapun hasil uji validitas media pembelajaran memperoleh rata-rata 3,84 skor berada pada rentang dengan kualifikasi sangat valid; pengujian validitas media pembelajaran menurut uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 9 orang siswa adapun hasil uji validitas media pembelajaran memperoleh rata-rata 3,38 skor berada pada rentang dengan kualifikasi sangat valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Mind mapping, IPA SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Arya Sukarata |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:00 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15856 |
Actions (login required)
View Item |