Wiradarma, Kadek (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) BERBANTUAN LUDO WORD GAME TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD GUGUS IX KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031210-COVER.pdf Download (214kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031210-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031210-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031210-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031210-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031210-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031210-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031210-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031210-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) berbantuan Ludo Word Game terhadap hasil belajar IPA siswa kela V SD Gugus IX kecamatan Buleleng tahun ajara 2022/2023. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian, eksperimen semu dengan rancangan penelitian Non- Equivalent pretest - posttest Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD gugus IX kecamatan Buleleng. Sampel dalam penelitian ini melibatkan dua kelas dari dua sekolah yang berbeda, yaitu SD Negeri 1 Alasangker sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 orang sedangkan untuk kelas kontrol dari SD Negeri 3 Alasangker dengan jumlah 22 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk soal Objektif. Selanjutnya, dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan analisis uji-t diperoleh hasil thitung sebesar 19,893 sedangkan untuk ttabel sebesar 2,016, jika dilihat dari hal tersebut maka dapat dikatakan thitung lebih besar jika dibandingkan dengan ttabel (thitung > ttabel). Selain itu dilihat dari nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen dan kontrol. Selain itu, berdasarkan analisi deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperiman lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontol, yaitu 87,3 > 59,7. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) berbantuan Ludo Word Game terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD gugus IX kecamatan Buleleng tahun ajaran 2022/2023. Dari penelitian ini diharapkan sekolah-sekolah mampu menerapkan lebih banyak lagi model-model pembelajaran yang inovatif seperti menggunakan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) berbantuan Ludo Word Game.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | visualization auditory kinesthetic (VAK), ludo word game, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Wira Darma |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 00:05 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 00:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15864 |
Actions (login required)
View Item |