PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS “TPACK” BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023

Dewi, Ida Ayu Nyoman Sintha (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS “TPACK” BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911061025-COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911061025 -ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061025 -BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061025 -BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061025 -BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061025 -BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061025 -BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061025 -DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911061025 -LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis TPACK berbantuan media video animasi terhadap PHBS pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Negeri Pembina Denpasar sebanyak 75 anak. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah kelompok B1 sebanyak 19 anak dan sampel yang terpilih sebagai kelompok kontrol adalah kelompok B2 sebanyak 18 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non test mengggunakan ceklist observasi dengan instrument penilaian unjuk kerja perilaku hidup bersih dan sehat pada anak berdasarkan rubrik penilaian PHBS. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata posttest pada kelompok eksperimen 89,78 sedangkan pada kelompok kontrol 66,55 dengan skor maksimal adalah 100. Hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 8,09 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 35 maka ttabel adalah 2,021. Berdasarkan analisis bahwa thitung > ttabel (8,09 > 2,021), maka artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan perilaku hidup bersih dan sehat antara kelompok anak yang dibelajarakan menggunakan media video animasi dengan kelompok anak yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis TPACK berbantuan media video animasi berpengaruh terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini di TK Negeri Pembina Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata Kunci: anak usia dini, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pembelajaran berbasis TPACK, media video animasi, kesehatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ida Ayu Nyoman Sintha Dewi
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:05
Last Modified: 12 Jul 2023 01:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15865

Actions (login required)

View Item View Item