Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Self Regulated Learning Siswa Pada Siswa Kelas V SDN Gugus II Kuta Tahun Pelajaran 2022/2023

I Gede, Wana Tapa (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Self Regulated Learning Siswa Pada Siswa Kelas V SDN Gugus II Kuta Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041050-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041050-ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (480kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041050-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar IPA dan self regulated learning siswa kelas V SDN Gugus II Kuta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SDN Gugus II Kuta, yang terdiri dari 252 orang siswa. Sebanyak 53 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas VA SD No. 1 Legian sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 orang dan kelas VB SD No. 3 Legian sebagai kelas kontrol sebanyak 28 orang. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes obyektif pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA siswa dan metode non tes berupa kuisioner untuk mengukur self regulated learning siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Manova berbantuan program IBM SPSS Statistic 21.00 for Windows. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh secara simultan model discovery learning berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar IPA dan self regulated learning siswa kelas V SDN Gugus II Kuta. Kedua, terdapat pengaruh model discovery learning berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus II Kuta. Ketiga, terdapat pengaruh model discovery learning berbasis masalah kontekstual terhadap self regulated learning siswa kelas V SDN Gugus II Kuta.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model discovery learning berbasis masalah kontekstual, hasil belajar IPA, self regulated learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I GEDE WANA TAPA
Date Deposited: 13 Jul 2023 05:09
Last Modified: 13 Jul 2023 05:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15884

Actions (login required)

View Item View Item