I Gede, Wana Tapa (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Self Regulated Learning Siswa Pada Siswa Kelas V SDN Gugus II Kuta Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041050-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041050-ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (480kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041050-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar IPA dan self regulated learning siswa kelas V SDN Gugus II Kuta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SDN Gugus II Kuta, yang terdiri dari 252 orang siswa. Sebanyak 53 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas VA SD No. 1 Legian sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 orang dan kelas VB SD No. 3 Legian sebagai kelas kontrol sebanyak 28 orang. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes obyektif pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA siswa dan metode non tes berupa kuisioner untuk mengukur self regulated learning siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Manova berbantuan program IBM SPSS Statistic 21.00 for Windows. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh secara simultan model discovery learning berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar IPA dan self regulated learning siswa kelas V SDN Gugus II Kuta. Kedua, terdapat pengaruh model discovery learning berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus II Kuta. Ketiga, terdapat pengaruh model discovery learning berbasis masalah kontekstual terhadap self regulated learning siswa kelas V SDN Gugus II Kuta.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model discovery learning berbasis masalah kontekstual, hasil belajar IPA, self regulated learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I GEDE WANA TAPA |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 05:09 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 05:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15884 |
Actions (login required)
View Item |