NATUN, AMI (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN REGULASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA di SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1413021046-COVER.pdf Download (678kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413021046-ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413021046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (326kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413021046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413021046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413021046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413021046-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413021046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413021046-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Singaraja, (2) mendeskripsikan pengaruh regulasi diri terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Singaraja, dan (3) mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar dan regulasi diri terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain ex-post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 153 siswa. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling yang berjumlah 129 siswa. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner motivas belajar (reliabilitas kuesioner = 0,907), data regulasi diri dikumpulkan dengan kuesioner regulasi diri (reliabilitas kuesioner = 0,884), dan prestasi belajar fisika siswa dikumpulkan dengan tes esai (reliabilitas tes = 0,942). Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, teknik uji regresi linier sederhana, dan teknik uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa (Fhitung= 281,312 (p < 0,05); SE 51,52%) dengan skor rata-rata dan standar deviasi sebesar 89,51 dan 11,45, (2) terdapat pengaruh yang signifikan regulasi diri terhadap prestasi belajar fisika siswa (Fhitung = 272,833 (p < 0,05); SE 17,47%) dengan skor rata-rata dan standar deviasi sebesar 96,42 dan 11,53, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama motivasi belajar dan regulasi diri terhadap prestasi belajar fisika siswa (Fhitung= 140,030 (p < 0,05); SE 69,00%) dengan nilai rata-rata dan standar deviasi sebesar 65,96 dan 9,72. Kata kunci: motivasi belajar, regulasi diri, prestasi belajar fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, regulasi diri, prestasi belajar fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | AMINATUN |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 05:17 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 05:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/159 |
Actions (login required)
View Item |