PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS TRI HITA KARANA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SEMESTER II SDN 4 BELOK

Suwastina, I Wayan Agus (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS TRI HITA KARANA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SEMESTER II SDN 4 BELOK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031326-COVER.pdf

Download (379kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031326-ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031326-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031326-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031326-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031326-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031326-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031326-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031326-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya penggunaan media pembelajaran yang membuat pembelajaran yang membosankan dan kurangnya kesadaran siswa terhadap permasalahan sekitar baik dengan sesama maupun lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Media Video Pembelajaran berbasis Tri Hita Karana dengan menguji kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu 3 orang ahli yaitu ahli media, ahli desain pembelajaran dan ahli muatan pembelajaran untuk menilai kelayakan media, 1 orang guru, dan 27 orang siswa kelasV Sekolah Dasar yang terlibat pada uji kepraktisan dan uji efektifitas. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain pre-tes dan post test. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa indeks kelayakan oleh ahli media sebesar 95,83%, (sangat baik) dan rata-rata skor uji materi adalah 92,86% (sangat baik) serta ahli desain pembelajaran 85,71 (baik). Hasil uji kepraktisan perorangan sebesar 92,70%, uji kelompok kecil sebesar 92,47% dan uji respons siswa sebesar 92,48% yang dapat dikategorikan sangat baik. Hasil uji hipotesis pada media video pembelajaran dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Simpulan dari penelitian ini, media yang dikembangkan layak, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Tri Hita Karana, Muatan IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Wayan Agus Suwastina
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:11
Last Modified: 12 Jul 2023 03:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15918

Actions (login required)

View Item View Item