Suwastina, I Wayan Agus (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS TRI HITA KARANA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SEMESTER II SDN 4 BELOK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031326-COVER.pdf Download (379kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031326-ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031326-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031326-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031326-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031326-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031326-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031326-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031326-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya penggunaan media pembelajaran yang membuat pembelajaran yang membosankan dan kurangnya kesadaran siswa terhadap permasalahan sekitar baik dengan sesama maupun lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Media Video Pembelajaran berbasis Tri Hita Karana dengan menguji kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu 3 orang ahli yaitu ahli media, ahli desain pembelajaran dan ahli muatan pembelajaran untuk menilai kelayakan media, 1 orang guru, dan 27 orang siswa kelasV Sekolah Dasar yang terlibat pada uji kepraktisan dan uji efektifitas. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain pre-tes dan post test. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa indeks kelayakan oleh ahli media sebesar 95,83%, (sangat baik) dan rata-rata skor uji materi adalah 92,86% (sangat baik) serta ahli desain pembelajaran 85,71 (baik). Hasil uji kepraktisan perorangan sebesar 92,70%, uji kelompok kecil sebesar 92,47% dan uji respons siswa sebesar 92,48% yang dapat dikategorikan sangat baik. Hasil uji hipotesis pada media video pembelajaran dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Simpulan dari penelitian ini, media yang dikembangkan layak, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Tri Hita Karana, Muatan IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Agus Suwastina |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 03:11 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 03:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15918 |
Actions (login required)
View Item |