Yanti, Ni Putu Anik Dana (2023) PENGARUH METODE BERCERITA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN EMPATI ANAK KELOMPOK B DI TK WIDYA KUMARA TANGEB, KECAMATAN MENGWI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061005-COVER.pdf Download (927kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061005-ABSTRAK.pdf Download (461kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (573kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (371kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061005-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang singnifikan penggunaan metode bercerita interaktif berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan empati anak usia dini di TK Widya Kumara Tangeb, Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Widya Kumara Tangeb Kecamatan Mengwi yang berjumlah 46 orang anak. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelompok B2 yang berjumlah 24 anak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B1 yang berjumlah 22 anak sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non test yaitu observasi dengan metode analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 82,21 sedangkan pada kelompok kontrol 70,45. Hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 8,58 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 44 maka ttabel adalah 2,,021. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa thitung ˃ttabel (8,58 ˃ 2,021) yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bercerita interaktif berbasis kearifan lokal berpengaruh terhadap kemampuan empati anak usia dini kelompok B TK Widya Kumara Tangeb Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kemampuan Empati, Metode Bercerita Interaktif, Kearifan Lokal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Anik Dana Yanti |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 00:15 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 00:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15929 |
Actions (login required)
View Item |