Rahitasari, Ni Putu Ristiana (2023) Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal Nyama Bali-Nyama Selam Untuk Meningkatkan Toleransi Beragama di SMA Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914021016-COVER.pdf Download (510kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914021016-ABSTRAK.pdf Download (75kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (436kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1914021016-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914021016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1914021016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914021016-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak penerapan media komik digital berbasis kearifan lokal Nyama Bali-Nyama Selam terhadap peningkatan toleransi beragama siswa SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian dan Pengembangan (R & D). Pengembangan media pembelajaran komik berbasis budaya lokal Nyama Bali-Nyama Selam dilaksanakan dengan mengadopsi metode R & D dari Borg and Gall, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan dan perancangan produk, (3) pengujian produk. Penelitian ini dilaksanakan bulan Agustus-Oktober 2022 dengan alokasi waktu selama 3 bulan, yang diawali dengan tahap persiapan, pelaksanaan, analisis data sampai penyusunan laporan. Uji coba media komik digital akan dilaksanakan di SMA yang ada di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Produk media komik digial menghasilkan 5 epidode yang terdiri dari 20-40 panel didalam satu episode, selain itu juga terdapat satu episode yang digunakan untuk mengenalkan tokoh utama. Dimana media akan menjadi alternatif sumber belajar yang menyenangkan. Validitas media komik digital memperoleh hasil sebesar 4, 30 untuk uji validitas ssehingga berdasarkan tabel dapat dikategorikan sangat valid sebagai sebuah media pembelajaran yang digunakan di kelas. Hasil dari penelitian juga diperoleh hasil dimana berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dan juga perorangan diperoleh hasil dengan indikator sangat praktis dimana diperoleh hasil dari uji coba perorangan dan kelompok kecil. Hasil uji dari statistik menunjukkan data bersifat homogen dan berdisribusi normal. Beranjak dari uji homogenitas yang dilanjutkan kepada statistik parametrik yang memperoleh hasil uji T Hitung sebesar 0.970 maka terdapat pengaruh yang signifikan yang hampir sempurna diantara variabel penerapan media pembelajaran komik digital The Hanging Enclaves terhadap toleransi siswa SMA Negeri 4 Singaraja. Berdasarkan tabel kriteria keeratan hubungan 0,970 terletak dalam kategori sangat erat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Komik Digital, Sejarah Masuknya Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ristiana Rahitasari |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:46 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 02:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15998 |
Actions (login required)
View Item |