Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achivement Division Berbantuan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2022/2023

Ardhiaswari, I Gusti Agung Mutia Adinda (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achivement Division Berbantuan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031121-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031121-ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031121-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031121-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031121-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031121-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031121-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031121-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031121-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan media flashcard terhdap keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 157 orang siswa dari 3 sekolah negeri yang berbeda. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava, setelah populasi dinyatakan setara, untuk pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, lalu diperoleh kelompok eksperimen yaitu kelas IIIA SD Negeri 9 Pedungan yang berjumlah 33 orang, dan kelompok kontrol yaitu kelas IIIA SD Negeri 1 Pedungan yang berjumlah 31 orang. Metode pengumpulan data menggunakan non tes berupa penilaian unjuk kerja. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistic deskriptif dan teknik analisis statistic inferensial menggunakan Uji-t. Hasil analisis hpotesis diperoleh bahwa thitung 7,16 ≥ ttabel 1,998 dengan dk penyebut = 62 dan dk pembilang = 1 pada α = 5%, karena thitung 7,16 ≥ ttabel 1,998 makadari itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan media flashcard berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Student Team Achievement Division, Media Flashcard, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Agung Mutia Adinda Ardhiaswari
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:13
Last Modified: 14 Jul 2023 04:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16008

Actions (login required)

View Item View Item