PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS METODE SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI) UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS II DI SD NEGERI 2 BENGKALA TAHUN AJARAN 2022/2023

Wahyuni, Ni Kadek Intan (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS METODE SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI) UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS II DI SD NEGERI 2 BENGKALA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031045-COVER.pdf

Download (583kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031045-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031045-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (reseach & development). Produk yang dikembangkan yaitu Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Metode SIBI Untuk Anak Tunarungu Kelas II. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media video pembelajaran berbasis metode SIBI untuk siswa tunarungu kelas II, (2) mengetahui validitas media video pembelajaran berbasis metode SIBI untuk anak tunarungu kelas II, (3) mengetahui respon siswa tunarungu terhadap media video pembelajaran berbasis metode SIBI untuk anak tunarungu kelas II. Model 4D (four-D) adalah metode yang digunakan dalam proses pengembangan video pembelajaran berbasis metode SIBI. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket/kuesioner yang kemudian diisi oleh responden. Metode dan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pada media video pembelajaran berbasis metode SIBI ini memperoleh skor validasi oleh ahli media pembelajaran sebesar 94,5% (sangat baik), kemudian skor uji validitas oleh ahli materi pembelajaran adalah 97,85% (sangat baik), kemudian hasil penilaian media melalui respon praktisi/guru adalah 93,5% (sangat praktis), dan melalui respon siswa memperoleh skor 86% (baik). Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa penelitian pengembangan ini memperoleh hasil dengan tingkat kualifikasi sangat baik dan sangat praktis sehingga produk yang dihasilkan layak diterapkan dan digunakan pada proses pembelajaran untuk anak tunarungu kelas II SDN 2 Bengkala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Video Pembelajaran, Metode Sistem Isyarat Bahasa Indonesia, Siswa Tunarungu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Intan Wahyuni
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:04
Last Modified: 14 Jul 2023 01:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16019

Actions (login required)

View Item View Item