Karma, I Wayan (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERSETING KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI TINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DI GUGUS IV KECAMATAN KINTAMANI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041047-COVER.pdf Download (295kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041047-ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELIGI PENELITIAN)
2129041047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041047-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah berseting kooperatif tipe STAD dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional pada siswa kelas V di Gugus IV Kecamatan Kintamani tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus IV Kecamatan Kintamani tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 256 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Belandingan yang berjumlah 24 orang, SD negeri Pingan A yang berjumbelah 24 orang, SD Negeri Pingan B yang berjumbelah 24 Orang dan siswa kelas V SDN 4 Sukawana yang berjumlah 24 orang. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji ANAVA AB). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh fhit = 48,026 dan ftab (pada taraf signifikansi 5%) = 3,96. Hal ini berarti bahwa fhit > ftab, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Dari rata-rata ( ) hitung, diketahui kelompok eksperimen adalah 78,31 dan kelompok kontrol adalah 67,92. Hal ini berarti bahwa eksperimen > kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berseting kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Kintamani tahun pelajaran 2022/2023. Saran untuk peneliti selajutnya, agar meneliti variabel yang lain seperti kemampuan pemecahan masalah dan bisa juga pada mata pelajaran yang lain seperti IPS, Matematika. Kata-kata kunci: Model pembelajaran berbasis masalah berseting kooperatif tipe STAD, hasil belajar IPA
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah berseting kooperatif tipe STAD, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Wayan Karma |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 04:52 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 04:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16056 |
Actions (login required)
View Item |