DEWI, LUH GEDE SANTHIKA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK LITERASI BACA PADA TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1911031350-COVER.pdf Download (628kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031350-ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1911031350-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (247kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1911031350-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1911031350-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031350-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1911031350-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031350-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031350-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan pelaksanaannya dilatar belakangi kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, kurangnya ketersediaan buku ajar tematik yang menyebabkan siswa kurang dapat memahami materi pembelajaran dengan baik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan dari produk yang dikembangkan yaitu media komik literasi terhadap keterampilan membaca siswa kelas III SD pada tema energi dan perubahannya. Dalam penelitian ini model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Untuk mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan metode non tes berupa observasi, wawancara dan kuesioner. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil uji kevalidan pada media komik literasi mendapatkan persentase 92,93% dengan kualifikasi sangat baik dan baik. Sedangkan untuk uji kepraktisan yang dilakukan oleh praktisi pendidikan yaitu guru kelas III SD dan mendapatkan persentase 93,74% dengan kualifikasi sangat baik. Pada uji keterbacaan yang dilakukan dengan uji coba perorangandengan siswa dan mendapat persentase 95,32% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan media komik literasi terhadap keterampilan membaca siswa kelas III SD pada tema energi dan perubahannya layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Komik Literasi, Keterampilan Membaca, Energi dan Perubahannya. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Gede Santhika Dewi |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 04:05 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 04:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16076 |
Actions (login required)
View Item |