Safitri, Eka (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MUATAN PKN KELAS III SDN 5 KAMPUNG BARU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021036-COVER.pdf Download (593kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021036-ABSTRAK.pdf Download (250kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1911021036-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1911021036-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1911021036-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021036-BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1911021036-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021036-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (421kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021036-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui rancang bangun Video Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Muatan PKN Pada Kelas III SDN 5 Kampung Baru Tahun Pelajaran 2022/2023. (2) mengetahui validitas Video Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Muatan PKN Pada Kelas III SDN 5 Kampung Baru Tahun Pelajaran 2022/2023. (3) mengetahui efektivitas Video Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Muatan PKN Pada Kelas III SDN 5 Kampung Baru Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif, analisis data deskriptif kuantitatif, dan teknik analisis data statistic inferensial (uji-t). Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk Video Pembelajaran, meliputi hasil: (1) rancang bangun pengembangan Video Pembelajaran Muatan PKN berbasis Problem Based Learning yaitu tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi; (2) hasil uji coba produk meliputi: (a) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 82,35% dengan kualifikasi baik; (b) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90,25% dengan kualifikasi sangat baik; (c) hasil penelitian ahli materi memperoleh persentase sebesar 81,66% dengan kualifikasi baik; (d) hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 96,20% dengan kualifikasi sangat baik; (hasil penilaian siswa melalui kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 90,52% dengan kualifikasi sangat baik; (3) efektivitas media Video Pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada muatan PKN materi keragaman suku bangsa. Jadi, penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran muatan PKN berada pada kualifikasi sangat baik. Maka dapat disimpulkan Video Pembelajaran ini efektif digunakan dan juga sebagai alternatif yang efektif dalam memperkaya pengalaman pembelajaran di kelas untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang baik. Kata kunci: Video Pembelajaran, PKN, Problem Based Learning, ADDIE.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, PKN, Problem Based Learning, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Eka Safitri |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 11:16 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 11:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16098 |
Actions (login required)
View Item |