Astari, Ni Made Dwi Ayu (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL KECAK UNTUK MENANAMKAN DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA BERKEBHINEKAAN GLOBAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041038-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041038-ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041038-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh buku cerita bergambar berkearifan lokal Bali yang memiliki karakteristik tertentu yang valid, praktis dan efektif untuk menanamkan dimensi berkebhinekaan global siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan, dengan rancangan model ADDIE. Instrumen yang dikembangkan dianalisis menggunakan rumus Gregory dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Produk yang berhasil dikembangkan adalah buku cerita bergambar berkearifan lokal “Kita dan Kecak”. Buku ini telah melalui beberapa tahap pengujian yang meliputi uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektifitas. Perolehan data tentang kevalidan, kepraktisan dan keefektifan buku cerita dilakukan menggunakan kuesioner. Karakteristik dari buku cerita yang dihasilkan antara lain mengangkat kearifan lokal kecak Batubulan, tokoh yang diceritakan memiliki latar belakang budaya yang berbeda, serta mampu menanamkan sikap toleransi dan saling menghargai budaya antar tokoh yang merupakan cerminan dimensi berkebhinekaan global. Berdasarkan beberapa uji yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa: 1) Berdasarkan uji validitas yang dilakukan oleh 8 orang ahli, rata- rata persentase hasil uji validasi sebesar 94,15% dari 100% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Buku ini juga dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata persentase sebesar 96,41% dari 100% ; 2) Berdasarkan uji kepraktisan, rata-rata persentase uji kepraktisan sebesar 94,21% yang berada pada interval 81% < X ≤ 100% dan kriteria sangat praktis. Uji kepraktisan yang dilakukan dengan melibatkan 6 orang guru wali dan 10 orang siswa kelas IV SD; 3) Hasil analisis efektivitas menggunakan uji T dengan aplikasi sps21.0 for windows memperoleh nilagi Sig.(2-tailed) < 0,05 dan Thitung 26,809 ≥ 1,684 yang merupakan nilai Ttabel pada signifikansi 5% untuk uji satu arah. Dengan demikian maka penggunaan buku cerita bergambar berkearifan lokal “Kita dan Kecak” efektif untuk menanamkan karakter kebhinekaan global siswa kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku cerita bergambar, Profil pelajar Pancasila, Dimensi kebhinekaan global |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Made Dwi Ayu Astari |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 02:25 |
Last Modified: | 15 Jul 2023 02:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16110 |
Actions (login required)
View Item |