Devi, Ni Putu Lisna Sari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD GUGUS PATTIMURA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041004-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041004-ABSTRAK.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (166kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041004-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Gugus Pattimura. Jenis penelitian yag dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksprimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest- Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Gugus Pattimura yang terdiri dari 296 orang siswa. Sebanyak 121 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan Teknik group random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode non tes berupa kuesioner untuk mengukur sikap peduli lingkungan dan metode tes objektif pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Manova berbantuan IBM SPSS Statistic 26.00 for Windows. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas III SD Gugus Pattimura. Kedua, terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Gugus Pattimura. Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana secara simultan terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Gugus Pattimura.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana, sikap peduli lingkungan, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Lisna Sari Devi, S.Pd. |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 09:37 |
Last Modified: | 15 Jul 2023 09:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16152 |
Actions (login required)
View Item |