PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERORIENTASI WANA KERTHI LOKA BALI PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK KELAS IV SD

Juniati, Gusti Ayu Putu Eva (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERORIENTASI WANA KERTHI LOKA BALI PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041020-COVER.pdf

Download (984kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041020-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041020-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan Bahan Ajar Digital Berorientasi Wana KerthiLoka Bali pada Pembelajaran IPAS yang valid, (2) menghasilkan Bahan Ajar Digital Berorientasi Wana Kerthi Loka Bali Pada Pembelajaran IPAS yang praktis dan (3) menguji efektivitas Bahan Ajar Digital Berorientasi Wana Kerthi Loka Bali pada Pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar IPAS. Subjek penelitian adalah ahli media, materi, bahasa, siswa kelas IV SD Negeri 1 Sesandan berjumlah 19 orang dan 2 orang guru. Metode pengumpulan berupa kuesioner dan tes, instrumen penelitian berupa lembar kuisioner validitas, lembar kuisioner kepraktisan, dan tes hasil belajar IPA. Analisis data mengunakan perhitungan persentase dan uji t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bahan Ajar Digital Berorientasi Wana Kerthi Loka Bali pada Pembelajaran IPAS telah terkategori valid dengan persentase ahli materi 97,50% sangat valid, validitas ahli media 94,37% sangat valid, skor validitas ahli bahasa 97,14% sangat valid. (2) Bahan Ajar Digital Berorientasi Wana Kerthi Loka Bali pada Pembelajaran IPAS oleh guru 97,33% dan siswa 95,55% sangat praktis dan layak digunakan (3) Bahan Ajar Digital Berorientasi Wana Kerthi Loka Bali pada Pembelajaran IPAS efektif meningkatkan rata-rata hasil belajar IPAS di SD Negeri 1 Sesandan. Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Digital Berorientasi Wana Kerthi Loka Bali telah valid, praktis dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, digital, IPAS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Gusti Ayu Putu Eva Juniati,S.Pd
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:53
Last Modified: 17 Jul 2023 00:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16161

Actions (login required)

View Item View Item