PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA BERORIENTASI PISA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN KLUNGKUNG

Puput Aryani, Ni Made (2023) PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA BERORIENTASI PISA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN KLUNGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011034-COVER.pdf

Download (608kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011034-ABSTRAK.pdf

Download (22kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011034-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Klungkung berorientasi PISA ditinjau dari gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan signifikan antara gaya belajar Visual-Auditori, Visual-Kinestetik, dan Auditori-Kinestetik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Klungkung. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data mengenai kemampuan literasi matematika dikumpulkan dengan menggunakan tes essay. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji Anova Satu Jalur pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan siswa dengan gaya belajar Visual tingkat kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal matematika memiliki nilai rata-rata 77,34, sehingga bisa dikategorikan dalam interval nilai kategori tinggi. Siswa dengan gaya belajar Auditori tingkat kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal matematika memiliki nilai rata-rata 76,72, sehingga bisa dikategorikan dalam interval nilai kategori tinggi. Siswa dengan gaya belajar Kinestetik tingkat kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal matematika memiliki nilai rata-rata 57,81, sehingga bisa dikategorikan dalam interval nilai kategori rendah. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya belajar Visual memiliki tingkat kemampuan literasi matematika tinggi, siswa dengan gaya belajar Auditori memiliki tingkat kemampuan literasi matematika sedang, dan siswa dengan gaya belajar Kinestetik memiliki tingkat kemampuan literasi matematika cenderung rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar Siswa, Literasi Matematika, Profil kemampuan, PISA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Made Puput Aryani
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:53
Last Modified: 17 Jul 2023 00:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16166

Actions (login required)

View Item View Item