Widurata, I Kadek Prabu (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA YANG DIPROYEKSIKAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031065-COVER.pdf Download (849kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031065-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (343kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031065-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031065-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (439kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031065-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media yang diproyeksikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SDN Gugus Pangeran Diponegoro tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu menggunakan rancangan kelompok non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gugus Pangeran Diponegoro dengan jumlah siswa 418 orang. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA SDN 11 Pemecutan dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB SDN 10 Pemecutan dengan jumlah siswa 29 orang sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPS dikumpulkan melalui metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh t-hitung = 5,46 dan t-tabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 57. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t-hitung = 5,46 > t-tabel = 2,00, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan media yang diproyeksikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SDN Gugus Pangeran Diponegoro Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Problem Based Learning, media diproyeksikan, kompetensi pengetahuan IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Prabu Widurata |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:00 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16181 |
Actions (login required)
View Item |